Bleach - Yachiru Kusajishi pink addict: Cerita kecil dari warung burjonan

Minggu, 01 Februari 2015

Cerita kecil dari warung burjonan

Warung Burjo (burjonan)


Tak perlu ditanyakan, sebagian masyarakat indonesia pasti tahu,khususnya daerah jogja. Ya.. sebuah warung dengan segala kesederhanaannya, tempat dimana kita bisa mencari sarapan,sekedar berkumpul dengan kawan,atau melepas dahaga. Burjonan sendiri sesuai namanya pastinya menjual menu burjo (bubur kacang ijo) ,namun seiring waktu berlalu (cieee bahasanya :'v ) dan kebutuhan pelanggan membuat warung burjo tak hanya menyajikan burjo,namun beberapa makanan lain. Kebanyakan burjo disponsori oleh produk mie instan kenamaan dan kopi sachet aneka rasa (no promosi :'v cek sendiri kalo penasaran).


Tempatnya pun mudah dijumpai,,terutama di daerah yang banyak kost-kostan atau sekitaran kampus universitas. Beberapa burjonan bahkan ada yang 24hours (english dikit) ,jadi kapanpun kita lapar burjonan menjadi salah satu alternatif nya,apalagi kalo kondisi kantong lagi paceklik. Selain letak,dan kesederhanannya harga sajian burjonan pun relatif ramah di dompet,terutama bagi mahasiswa atau perantauan :3

Adapun beberapa menu yang sering dijumpai di burjonan,antara lain :

1. Burjo

Bubur dengan bahan kacang ijo,dipadu ketan hitam yang menjadi ikon burjonan itu sendiri. Sangat nikmat untuk santapan pagi,sebelum ngampus atau sebelum otw kerjaan.


2. Nasi telur (nastel)

Salah satu menu andalan dari warung-warung burjo,selain penyajiaannya mudah dan simpel,rasa nya pun sudah familiar bagi orang kebanyakan. Seporsi nasi telur (bisa ceplok atau dadar,sesuai selera dan tinggal minta ke yang masakin prefer yg mana :p ) biasanya featuring sayur,bakmi dan sambal tentunya.


3. Nasi sarden

Kerabat dekat dari nastel ,dimana pembendanya cuma telur dan sarden ikan. Opsi alternatif ketika lidah anda jenuh dengan telur,nikmat disantap dengan kuah sarden dan sambal untuk menguatkan cita rasanya (lebay :v )


4. Indom*e beserta variannya (kuah,goreng,tanpa telur ,dan dengan telur)

Ragam rasa,dan variasi bisa disajikan dengan menu ini,,dicampur campur pun tetep lezat,telur,sambal,sayur,kerupuk,gorengan menjadi salah satu pair favoritnya :v


5. Omelet

Gabungan dari komposisi nasi telur dan indom*e, dimana mie dicampur telur baru digoreng, menambah kesan lembut dan sedikit crispy di luar.


6. Mie dok dok

Banyak orang bilang penamaan menu ini berdasar suara dok dok yang dihasilkan ketika memasaknya,bahan dasar masih sama yakni mie instan,dengan kuah pedas dan mie yang lembek, cocok kalo lagi suasana dingin dg sajian pedas dan panas.


7. Nasi goreng dan Magelangan

Serupa tapi tak sama,menu dengan pengolahan nasi sebagai bahan dasar,pembedanya dimana sering memakai tambahan bakmi ketika memasak untuk magelangan,dan olahan simpel sebagaimana nasi goreng biasanya. Biasanya disajikan dengan daging,kerupuk,sayur,tomat,timun atau gorengan


8. Gorengan

Pasangan yang tepat untuk segala menu,apalagi kalo masih anget angetnya,selain gorengan kerupuk juga bisa jadi pasangan untuk makanan anda.


9. Ramesan

Ragam menu khas nusantara,mulai dari sayur mayur,oseng,ayam dengan macam olahan,ikan dll. Tingaal touch and serve,,sentuh menu yang anda inginkan dari kotak kaca,maka segera tersaji di pring anda :p


Tak berhenti disitu,warung burjonan tempat yang cocok bagi anda yang kesepian (forever alone :'v ) karena penjualnya ramah,santai diajak ngobrol,bisa juga numpang nonton televisi. Kadang tanpa tau nama dan seluk beluk interaksi di burjonan terjadi sangat natural,entah itu bahas berita,acara tv,atau malah curhatan :p

Begitulah burjonan dengan semua yang dimilikinya,eksistensi nya bagi masyarakat tak tergusur meski diluar sana bermacam tempat makan dengan fasilitas,konsep,variasi menu yang pastinya berbeda,namun burjonan masih menjadi salah satu tempat makan terbanyak dan paling berpengaruh (nyahahahahah :'v )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar