Bleach - Yachiru Kusajishi pink addict: Me and Manga

Rabu, 11 Februari 2015

Me and Manga





Membaca manga menjadi salah satu aktifitas ku dalam melepas penat, bacaan yang tergolong ringan,dengan plot-plot yang menarik,disertai gambar sehingga pembaca tak mudah bosan. Entah sejak kapan tepatnya mulai menggemari bacaan manga ini, seingat ku manga yang kubaca pertama adalah dragon ball Z dari kakak sepupu ku. Dan sempat pula merengek pada orang tua untuk dibelikan manga captain tsubasa (karena pada zaman ku serial captain tsubasa sangatlah booming) :p mwehehehehehe..

Manga ( 漫画 ) sendiri merupakan sebutan bagi komik  komik buatan jepang,yang dimulai sekitar abad 19,dengan bahasa jepang. Di jepang sendiri manga mencakup bermacam genre seperti action,adventure,sci-fi,slice of life,horror,supernatural,romance,comedy,historical dll. Penulis manga / komikus nya lebih dikenal dengan sebutan mangaka, mereka mengerjakan serial mereka dibantu oleh asisten dan memburu deadline rilis mingguan. Selain manga,ada istilah lain juga sperti manhwa (komik korea) dan manhua (komik china) serta doujinshi,komik indie yang mengangkat cerita sendiri,atau mengambil dari serial populer. Doujinshi kebanyakan bersifat hentai :'v ( memuat adegan mature,tak jarang ada genre seperti incest,yuri,yaoi dll), namun tak sedikit juga doujinshi yang memuat cerita sendiri,atau crossover dengan serial lain.

Kali ini saya gak bakal mereview dengan padat seperti biasanya,saya hanya ingin berbagi cerita kenapa saya sangat tertarik dengan manga :D ,lets tell a story..

Semasa SD hanya bisa menikmati manga dragon ball Z milik sepupu dan hanya punya 1 manga captain tsubasa hasil merengek kedua orang tua :p , dan akhirnya saya memasuki jenjang SMP, masa dimana saya mulai naik tingkat dan masa dimana keingintahuan sangatlah besar, saya mendapati informasi dari seorang kawan dimana kita bisa membaca manga dengan bebas,atau dibawa pulang dengan cara menyewa di taman bacaan (itupun kalau sudah terdaftar sebagai member) :v




                                                                                        ~manga dragon ball Z





Pada masa itu durasi meminjam komik bervariasi,ada yang 2-3 hari, 7 hari dan ada pula yang 1 hari dikarenakan manga baru terbit dengan harga sewa yang berbeda-beda pula. Tak jarang harus kecewa saat kita sudah susah payah menabung dari uang jajan,berjalan jauh dari sekolah cuman buat ke taman bacaan,sesampainya disana manga yang kita cari sedang dipinjam ( badluck :'v ). Dulu saking seringnya ke taman bacaan membuat kadang jarang main seperti remaja kebanyakan,pulang sekolah ke rentalan,pulang,istirahat dan baca manga bukannya mengerjakan tugas sekolah ( NB : jangan ditiru untuk yang satu ini,sangat tidak dianjurkan) 





                                                                                   ~taman bacaan alpha (sample)



Saya sendiri merupakan penggemar berat manga bergenre action,shonen,seinen..yang mengedepankan action sebagai bumbu utama nya (emang masakan pake bumbu :'v). Beberapa manga shonen menjadi favorit ku seperti One Piece,Bleach,Naruto,Fullmetal alchemist dll. Kalo diingat ingat pernah saya memborong nyewa manga dari volume 1 hingga tamat,menghabiskan liburan dengan baca manga set "the law of ueki". Memasuki jenjang kelas 9 saya mulai mencoba membeli manga sendiri, saat itu saya membeli Naruto,majalah komik Shonen Magz,dan Champ. Dikarenakan masih mengandalkan uang jajan,saya belum kesampean mengoleksi manga.




                                                                                            ~shonen jump stars



Masuk masa SMK dimana saat indo merupakan tonggak awal kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di indonesia,saya mengenal internet. Dengan modal coba coba,main ke warnet mencoba browsing saya menemukan web baca manga online. Dari situlah opsi lain dalam membaca manga terbuka, dengan web yang menampung ribuan manga yang pastinya selalu update tiap minggu nya. Namun sayang,masa itu belum seperti sekarang yang sudah menjamur web manga indonesian translation,saat itu masih harus nge-maso baca manga dengan english translation (tapi lumayan lah,bisa sedikit demi sedikit belajar english)



                                      ~english translation manga, jojo bizarre adventure part 4 diamond is unbreakable



Tapi masih gak menggeser andil taman bacaan dalam memuaskan hasrat pecinta manga,karena terhalang biaya warnet yang saat itu masih agak mahal. Beberapa tahun berlalu,internet mulai menjamur,opsi baca via web online menjadi sangat tinggi. Beberapa web baca manga dengan translate indo juga mulai bermunculan,namun masih belum universal,hanya menerjemahkan beberapa manga yang tergolong populer saja. Serta menjamur nya jejaring sosial,yang memudahkan untuk berinteraksi,dari situ juga saya mulai mengenal komunitas di dunia maya,yang tak lain membahas dan bertukar informasi mengenai manga, bisa mengetahui apa itu one shot,doujinshi,fanfic,light novel,silent manga dll.



                                                                        ~indonesian translation manga . BLEACH



Hingga saat ini,saya sudah bekerja saya masih menyukai manga, namun sekarang saya punya 3 opsi,yakni tetap main ke taman bacaan,membaca via online sambil mencari update-an terbaru dan mengoleksi beberapa manga yang notabene nya saya suka. Dan disela kesibukan bekerja saya bergabung dengan komunitas jejepangan (yang meliputi anime,manga,cosplay,j-culture,tokusatsu dsb) ,dari situ sekali lagi sumber informasi tak terbatas bertambah,dari teman yang sehobby bisa bertukar informasi mengenai manga,berdiskusi mengenai IMO (in my opinion),menerka kelanjutan sebuah cerita dan bertukar rekomendasi manga.




                                                                                  ~beberapa koleksi manga pribadi



Adapun beberapa manga yang sangat memorable membuat penasaran dan googling mengenai seluk beluk manga tersebut,disitu pula saya mulai membaca artikel artikel tentang profil mangaka,dimana mereka kebanyakan tak hanya berfokus pada satu serialisasi,banyak yang setelah kerya nya tamat membuat karya lain yang tak kalah epic. Di antaranya adalah :

1. Hiromu Arakawa
 sukses dengan  "fullmetal alchemist","hero tales" sekarang kembali sukses dengan "gin no saji" (silver spoon) dan mulai menangani versi manga dari novel kenamaan "arslan senki". merupakan mangaka perempuan favorit saya dengan gaya penceritaannya yang epic


2. Takehiko Inoue
terkenal sebagai mangaka yang mempopulerkan olahraga basket di jepang,booming dengan karya nya "Slam Dunk" ,beliau membuat karya lain dengan tema basket kursi roda "Real" dan menangani versi manga dari kisah heroik Miyamoto Musashi dalam manga nya "Vagabond"


3. Rumiko Takahasi
mangaka perempuan senior yang sukses dengan serial nya seperti "Inuyasha" dan "Ranma 1/2"



4. Togashi Yoshihiro
dikenal dengan karya nya "Yu Yu Hakusho" serta "Hunter X Hunter" yang hingga kini masih on-going serialisasi nya meski kerap hiatus

5. Adachi Mitsuru
memiliki beberapa karya epic diantaranya H2,Touch,Cross Game,Q & A dll.

6. Aoyama Gosho
legenda hidup yang terkanal dengan serial nya "Detective Conan", "Magic Kaito" , dan "Yaiba"  

7. Kiyohiko Azuma
dengan cerita yang tergolong ringan,beliau mencetak karya seperti "Yotsuba" dan "Azumanga Daioh"

8. Akira Toriyama
sang mestro legenda,inspirasi para mangaka muda,dengan karya legendaris nya "Dragon Ball" series "Dr.Slump



                                                          ~yoshihiro togashi ,mangaka yuyu hakusho dan hunter x hunter




Selain beberapa mangaka yang sukses dengan karya lainnya (yang aslinya masih banyak untuk disebutkan) ada juga mangaka yang sukses membuat serial yang masih berhubungan dengan serial sebelum nya (prequel-sequel) ,beberapa diantaranya adalah :

1. Araki Hirohiko

mangaka yang setia untuk melanjutkan karya nya,karya "JoJo bizarre adventure" yang kini memasuki babak ke delapan (part 8) dengan timeline dan cerita yang saling berhubungan.

2. CLAMP

grup mangaka perempuan dengan 4 anggota,dimana Nanase Ohkawa , Mokona , Tsubaki Nekoi dan Satsuki Igarashi membuahkan karya seperti " Cardcaptor Sakura" , "Tsubasa Reservoir Chronicle" dan "XXXholic" yang saling berhubungan satu sama lain.

3. Ishida Sui

mangaka muda yang booming dengan serial nya "tokyo ghoul" , "tokyo ghoul : jack" sebagai prequel dan "tokyo ghoul : re" sebagai sequel.

4. Masami Kurumada

mangaka senior yang dikenal dengan karya nya "Saint Seiya" ,tak berhenti disitu beliau bekerjasama dengan Shiori Teshirogi dalam mengerjakan prequel nya yakni "Saint Seiya : The Lost Canvas" dan spin-off yang berpusat pada cerita 12 gold saints " Saint Seiya Meiou Shinwa Gaiden",selain itu beliau juga bekerjasama dengan Megumu Okada dalam menangani "Saint Seiya : episode G" dan memegang storyline dari 3d movie "Saint Seiya Legend of Sanctuary" serta lisensi dari anime series "Saint Seiya Omega" 

                                                                                         ~karya karya CLAMP




Kembali ke topik awal,kenapa saya menyukai manga dibanding anime,disamping ceritanya yang beragam dan menarik,art yang bagus,serta buah tangan langsung dari author nya (brebeda dengan anime yang beberapa scene ada yang terpotong,cerita kadang keluar dari jalur karena campur tangan studio yang bersangkutan",kita juga dapat melatih imajinasi,membayangkan karakteristik masing-masing karakter,suaranya dalam berbicara (lain dengan anime yang sudah diset sedemikian rupa dengan seiyuu),bisa memancing diskusi,IMO juga pastinya.

Beberapa bulan lalu saya mencoba peruntungan,se-tim dengan kawan yang sehobby dalam lomba mangaquiz di event tahunan Manga fest yang diadakan Universitas Gadjah Mada, Alhamdulillah kami lolos ke babak final dan mendapat juara. Lawan yang tangguh,mengingat soal yang diajukan mencakup manga jepang,komik barat dan komik lokal (indonesia). Selain ajang kompetitif,hal tersebut kami jadikan acuan untuk semakin menambah informasi dan pengalaman,supaya kedepannya kami senantiasa masih menekuni hobby membaca manga ini.


                                                                                  ~babak semi final mangaquiz






                                                           ~piagam penghargaan juara 1 manga quiz di mangafest 2014




Manga memang berbeda dari novel yang notabene nya sangat populer di indonesia,negara yang kaya akan sastra nya,dari info di komunitas dan internet kita bisa mengetahui perkembangan manga manga lokal yang mulai menunjukkan kereatifitas nya. Sebut saja salah satunya Faza Meong,dengan karya nya "si juki" yang senantiasa menyuguhkan humor-humor dalam keseharian masyarakat,ada pula Sweta Kartika,beliau menkombinasikan konsep super hero modern dengan budaya Indonesia. Nusantaranger adalah karya nya,pasukan pembasmi kejahatan dengan kekuatan 5 pemuda pribumi,mewakili 5 pulau besar dan 5 satwa endemik Indonesia yakni  Harimau Sumatera,Elang Jawa,Orang Utan Kalimantan,Anoa Sulawesi dan Hiu Gergaji Papua serta karya lain beliau "Grey dan Jingga" yang sangat populer,menjadi satu dari sekian manga lokal best seller. Tak lupa juga komikus lokal legendaris Tatang Suhendra dengan karya nya "Petruk".

                                                                                  ~sweta kartika : nusantaranger


                                                                             ~komik romantis,grey dan jingga


Laju pertumbuhan komik lokal selayaknya mendapat support penuh dari pemerintah,web baca online yang menampilkan karya anak bangsa mulai bermunculan sperti http://ngomik.com/ 
Adapun majalah berbasis serupa juga sudah mulai terbit, re on 
Ditambah event-event di berbagai daerah yang makin menyemarakkan dunia manga,Sebagai penikmat manga sudah seharusnya manga lokal juga kita baca,apresiasi dan dukung. 



                                                                                     ~majalah komik lokal , RE ON



Demikianlah,cerita kecil dari saya,dimana saya sangat menggemari manga sampai mendorong untuk aktif menulis blog,me-review manga dan membuat artikel terkait. 




“ I think Japanese people have a kind ‘literacy’ of Manga, an ability to read Manga”

Takehiko Inoue

1 komentar:

  1. GEBYAR BONUS MENYAMBUT HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

    Dalam Rangka Menyambut HUT KEMERDEKAAN RI KE-74 Tahun 2019, 3MPOKER kembali menghadirkan promo dasyat dan tentunya sangat menarik dong.

    Untuk Promo Bulan Kemerdekaan kali ini kita akan Mencari 40 Pemain yang berhak Mendapatkan Hadiah Menarik dari kami. Tidak hanya menarik,namun Hadiah ini bisa anda dapatkan secara cuma cuma Terutama untuk 15 Pemenang Tertinggi !

    Bagaimana caranya untuk mendapatkan hadiah tersebut ?

    Anda hanya perlu terus aktif bermain di 3MPOKER untuk berkesempatan mendapatkan Hadiah-hadiah yang kami persiapkan, Mudah kan?

    Syarat dan Ketentuan promo:
    1.Pemenang 1 - 15 ditentukan oleh TURNOVER Tertinggi
    2.Pemenang 16 - 40 dengan Minimal TURNOVER 10Juta & akan di pilih secara Random (Acak)
    3.Pemenang promo masih berhak mendapatkan Cashback Mingguan seperti biasanya Tanpa ada pemotongan TO
    4.Periode Promo dimulai Tanggal 1 Agustus s/d 31 Agustus 2019
    5.Hadiah akan dibagikan pada Tanggal 1 September setelah Maintenance TANPA DIKLAIM
    6.Syarat & Ketentuan yang berlaku di 3MPOKER tidak dapat di ganggu gugat

    Berikut Hadiah-hadiah menarik yang telah kami persiapkan untuk para pemain 3MPOKER

    PEMENANG JUARA 1 - 15 BESAR:
    >> JUARA 1 : 1 UNIT LAPTOP ASUS X200CA
    >> JUARA 2 : 1 UNIT HP SAMSUNG GALAXY A20
    >> JUARA 3 : 1 UNIT HP LENOVO A6000 PLUS
    >> JUARA 4 : FREECHIP 1.000.017
    >> JUARA 5 : FREECHIP 850.017
    >> JUARA 6-10 : FREECHIP 250.017
    >> JUARA 11-15 : FREECHIP 150.017

    PEMENANG JUARA 16 - 40 : >>>>> FREECHIP 17.000

    Untuk Juara 1 sampai 3, Anda berhak menentukan Hadiah Berupa barang yang kami persiapkan atau dapat di Uangkan ( Chip )

    Kabar Gembiranya lagi ini guys, Freechip bisa langsung di Witdraw kan TANPA SYARAT!

    Jadi tunggu apa lagi ? Segera mainkan game kesukaanmu dan dapatkan kesempatan BERHADIAH ini! Eits..Bagi yang belum Terdaftar, yuk segera daftarkan akun Anda bersama kami 3MPOKER ^_^


    Link alternatif
    http://209.250.225.17/
    www. POKER3M .COM
    www. POKER3M .NET


    Info lebih lanjut kunjungi :
    - Live Chat 24 Jam
    - WA : +855974185608
    - Telegram : +85592140862
    - Line : cs_3mpoker
    - Facebook : 3MPoker Agen Poker Terpercaya

    Daftarkan Sekarang Juga !!

    Klik Disini


    Klik Disini


    Klik Disini


    Klik Disini


    Klik Disini


    Klik Disini


    Klik Disini

    BalasHapus